Fakta Dibalik Makanan Favoritmu

1. Ice Cream
Siapa yang bisa menolak kelezatan ice cream. Dari kita kecil, so pasti udah akrab bahkan memfavoritkan makanan yang satu ini. Sayangnya, mama sering melarang kita makan es krim. Padahal, es krim memberi beberapa manfaat loh..

  • mencegah osteoporosis
    gak banyak orang tau kalo ice cream bermanfaat buat mencegah osteoporosis. Kalsium yang ada pada ice cream berfungsi menjaga kepadatan massa tulang. Kalsium ini juga bisa mencegah kanker dan hipertensi.
  • Antitumor dan HIV
    25%-30% kandungan ice cream adalah susu. Susu tersusun dari Laktoferin. Zat ini berfungsi sebagai zat pertahanan tubuh non-spesifik terhadap patogen. Laktoferin juga memiliki aktivitas Antiviral, terutama terhadap cytomegalovirus, influenza, dan HIV.

Mitos tentang ICE CREAM

  • Menyebabkan pilek
    Benarkah es krim bikin pilek? Es krim cepat meleleh saat masuk kedalam mulut karena pengaruh suhu tubuh, jadi saat masuk ke kerongkongan suhunya gak sedingin air es. Penyebab batuk pilek yang utama adalah virus dan alergen pada anak-anak yang mempunyai sifat alergi bawaan.
  • Menyebabkan kegemukan
    Kontribusi energi dan lemak dalam es krim sangat kecil yaitu 10% dari total kebutuhan energi/hari dan 15% dari kebutuhan lemak/hari. Kegemukan disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik, karena kebiasaan makan yang kurang baik dan faktor keturunan.
  • Menyebabkan gigi berlubang
    Gigi berlubang disebabkan fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang tertinggal pada gigi. So, jangan lupa untuk minum air putih,  berkumur atau menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan manis seperti es krim.

2. Chocolate

Sisi baik cokelat, terutama dark chocolate, mengandung banyak favonoid, yaitu antioksidan yang melindungi jantung dan mencegah terjadinya penggumpalan di pembuluh darah. Dark chocolate berfungsi untuk menangkal tubuh dari radikal bebas yang bisa memicu timbulnya penyakit. Konsumsilah dark chocolate  satu ons setiap harinya. Pilihlah kadar coklatnya yang mencapai 77%, karena dark chocolate dipercaya sebagai makanan super penangkal radikal bebas.

Sisi buruknya, banyak mengkonsumsi cokelat akan membuat ukuran pinggang semakin melebar.

3. Pizza

Sisi baik pizza adalah sausnya mengandung banyak likopen, yaitu sejenis karotenoid yang ditemukan berkadar tinggi di pembuluh darah dan prostate pria dengan risiko kanker prostate yang rendah. Taburan keju di atasnya memberikan asupan kalsium yang cukup untuk membentuk tulang yang kuat, menurunkan tekanan darah, dan menghambat kanker usus besar.

Sisi buruknya kandungan kalori pizza terhitung cukup besar. Sebuah pizza ukuran supreme mengandung kurang lebih 2.000 kalori dan 60 gram lemak jenuh.

4. Es Teh

Siapa yang gak suka es teh? Terlebih lagi harganya yang murah, cocok bagi kita-kit anak muda, tentu es teh menjadi minuman paling favorit. Es teh emang sangat populer, terlebih lagi dia bisa hadir di tempat makan apa aja, dari yang murah sampe resto mahal sekalipun. Es teh juga selalu cocok digabungin dengan makanan apa aja kan?

Tapi tahukah kamu, gimanapun juga es teh tetep punya potensi merugikan kesehatan kita? Penelitian Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengungkap bahwa konsumsi es teh berlebih meningkatkan risiko menderita batu ginjal.

Seperti dikutip dari laman Times of India, es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat, salah satu bahan kimia kunci yang memicu pembentukan batu ginjal. Milner mengatakan, teh panas sebenarnya juga punya efek buruk yang sama. Hanya, takarannya lebih kecil.

Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin. Tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih.

Bukan berarti gak boleh minum es teh. Tetapi mulailah memperhatikan kadar konsumsi kita. Milner menyarankan, mengganti konsumsi minuman itu dengan air putih, atau mencampurnya dengan lemon. Lemon kaya kandungan citrates, yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal, kata Milner. Padukan dengan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat. Dan, tentu saja perbanyak minum air putih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s