Tradisi Tahun Baru

Amerika Serikat
Di Amerika Serikat perayaan tahun baru ditandai dengan penurunan bola raksasa di Times Square. Bola yang dijuluki big apel ini dibuat dari Waterford Crystal dengan berdiameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg. Pada pukul 23.59.00 bola diturunkan dari atas gedung dan sampai dibawah pada pukul 00.00.

Brazil
Di Brazil tahun baru dikenal dengan Vespera de Ano Novo. Mereka bikin pesta dan pertunjukkan musik. Pesta teramai ada di Pantai Copacabana & Rio de Janeiro.

Britania Raya
Di Skotlandia tahun baru yang dikenal Hogmanay ini ditandai dengan penembakkan meriam dari Istana Edinburgh. Tahun baru di negara ini juga ditandai dengan di kumandangkannya lagu Auld Lang Syne yaitu lagu penutup tahun. Sedangkan di London, pesta kembang api besar-besaran berlangsung di London Eye selama sepuluh menit.

Chile
Tradisi yang dimulai sekitar tahun 1995, hampir kebanyakan orang Chile melakukannya. Sekitar pukul sebelas malam, penjaga membuka gerbang pekuburan dan membiarkan hampir 5.000 orang memasuki pelataran pekuburan, diiringi ratusan cahaya lilin dan nyanyian. Kemudian, masing-masing dari mereka berdiri di atas kuburan orang-orang yang mereka cintai sampai malam tahun baru usai.

Denmark
Selalu makan malam dengan makanan penghidang kue bolu tradisional merzipan ring cake.

Ekuador
Cara perayaan tahun baru di Ekuador terbilang unik. Pasalnya, tokoh-tokoh politisi yang gak disukai dijadikan model orang-orang dari jerami, kertas koran, pakaian usang. Saat tahun baru datang orang-orangan ini pun di bakar. Hal ini melambangkan terhapusnya tahun yang lewat dan datangnya tahun yang baru. Ada juga tradisi “Janda Menangis”. Laki-laki yang berpakaian wanita harus membuat sebanyak mungkin orang tertawa dan menangis. Orang-orang sekelilingnya lalu memberinya uang sekedarnya. Gak cuman itu aja, tradisi lain yang melekat adalah memakan 12 buah anggur sambil mengucapkan 12 permohonan. Memakai baju kuning pun di percaya akan mendapatkan keberuntungan. Sementara itu, kalau kita lihat ada orang yang membawa koper keliling itu juga suatu tradisi yang artinya pemiliknya akan bisa berpergian ke tempat idamannya.

Filipina
Saat tahun baru mata kita tak henti-hentinya melihat orang yang menggunakan pakaian polkadot. Motif bulat-bulat pada baju tersebut dipercaya akan mendatangkan uang dan keberuntungan. Selain itu, ada lagi tradisi mengguncangkan uang logam didalam panci tertutup sambil berkeliling di luar rumah juga dipercaya akan mendatangkan keberuntungan.

Indonesia
Di negara kita pesta tahun baru identik dengan keluar rumah dengan menggunakan motor dan mobil. Suara terompet pun memenuhi jalanan saat pergantian tahun. Jalan-jalanan utama pun ramai dengan orang-krang yang konvoi bersama teman dan keluarga.

Jepang
Tradisi mereka adalah menyambut toshigami atau dewa akhir tahun. Caranya adalah dengan gak tidur semalaman, orang yang lekas tidur dipercaya rambutnya akan beruban. Di kuil-kuil dilakukan tradisi membunyikan genta malam tahun baru sebanyak 108 kali, tidak seperti tradisi pada umumnya yang hanya 12 kali.

Meksiko
Sambil mengikuti bunyi lonceng mesyarakat Meksiko melahap 12 buah anggur. Sebuah anggur di ucapkan dengan sebuah harapan di tahun berikutnya. Orang yang ingin mencari pasangan saat tahun baru mereka menggunakan pakaian dalam berwarna merah. Sedangkan orang yang menggunakan pakaian kuning sama artinya mereka berharap akan didatangkan rejeki. Sama halnya dengan Ekuador, negara ini juga mempunyai tradisi menyapu sampah keluar rumah, membawa koper ke luar rumah. Termasuk menggantung boneka domba dari wol di pegangan pintu.

Venezuela
Masyarakat Venezuela yang ingin mendapatkan pacar di malam tahun baru harus mengenakan pakaian dalam berwarna kuning. Sedangkan orang yang ingin mendapatkan rejeki harus memiliki uang kertas pecahan besar ketika mengangkat gelas untuk bersulang. Di negara ini rupanya juga ada tradisi membawa koper keliling rumah. Sedangkan radio di Venezuela memutar lagu sedih di akhir tahun.

Nah, sudah kelihatan kan perayaan tahun baru masing-masing negara? Ada yang unik, ada yang asyik, n ada pula yang aneh. Kira-kira kamu bakal ngerayain tahun baru dimana dan gimana nih??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s